Profil Sayyid Hamzah Syatho

Beliau adalah penyebar agama Islam di Daerah Sedan Rembang dan sekitar. Dilahirkan di Makkah Al Mukarromah. Dari segi nasab beliau merupakan keturunan dari bagi Nabi Muhammad SAW. Kedatangan beliau di Sedan diawali dengan adanya pergolakan politik di tanah Arab, Dimana pada saat itu terjadi kudeta terhadap pemerintahan Raja Syarif Husain oleh kelompok zionis baduwi Arab yang diboncengi oleh negara kapitalis Amerika dan Inggris dibawah pimpinan Abdullah bin Saud guna penyebaran faham wahabi. Dan guna penyebaran faham wahabi mereka tidak segan-segan untuk menghabisi faham ahlussunnah wal jama'ah termasuk dengan cara membunuh ulama' dari faham ini. Maka untuk menghindali hal-hal tidak diinginkan maka Sayyid Hamzah yang juga merupakan keponakan dari Sayyid Bakir pengarang kitab I'anatut Tholibin ini bermaksud untuk hijrah ke Asia Timur terutama Indonesia. Sebelum ke Sedan beliau terlebih dahulu singgah di Bandung Jawa Barat.
Di Sedan Dloro Hamzah dikenal sebagai sosok yang mengayomi seluruh lapisan masyarakat. Banyak masjid dan Madrasah yang berhasil beliau dirikan, konon dikatakan ada sekitar 41 masjid yang berhasil beliau dirikan.
Setelah sekian lama bertempat tinggal di Sedan, beliau berpulang ke Rahmatullah pada tahun 1940 M dan dimakamkan di desa Demang Sedan. kini setiap tanggal 23 Muharrom ribuan masyarakat berduyun-duyun untuk memperingati wafat beliau.

Komentar

  1. akhirnya bisa menemukan sedikit riwayat mBah Hamzah. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Syeh hamzah as syatho..binny siapa?
    Apakah beliau bertareqot?

    BalasHapus
  3. Syeh hamzah as syatho..binny siapa?
    Apakah beliau bertareqot?

    BalasHapus
  4. Syeh hamzah as syatho..binny siapa?
    Apakah beliau bertareqot?

    BalasHapus
  5. Alkhamdulillah bisa menambah ilmu tentang penyebaran agama islam......oleh mbah syaithoh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini